imgBuah yang berasal dari biji pohon aren ini sangat populer di bulan puasa. Jadi campuran kolak atau es campur atau dibuat manisan. Empuk-empuk sedikit kenyal dan manis. Jika ingin mengolah kolang-kaling, cobalah simak dulu tips ini.

Proses pembuatan kolang-kaling sangat panjang. Bahkan setelah siap diolahpun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kolang-kaling empuk dan legit, seperti berikut ini.

 

1. Memilih Kolang-kaling

Ukurannya beragam, ada yang bulat tebal, bulat kecil dan pipih lebar. Yang empuk dan enak adalah kolang-kaling yang masih muda. Cirinya, pipih, lebar dan tipis serta putih agar transparan warnanya. Rasanya empuk dan sedikit kenyal.

2. Menghilangkan lendir

Kolang-kaling yang dijual dipasaran biasanya direndam dalam wadah besar berisiair mentah. Hal ini bisa membuat kolang-kaling jadi berlendir. Untuk menghilangkannya cuci saja dengan air bersih beberapa kali lalu tiriskan.

3. Menghilangkan bau asam

Aroma asam sering muncul pada kolang kaling. Untuk menghilangkan aroma ini, rendam kolang-kaling dengan air bekas cucian besar selama 1-2 jam lamanya. Kemudian bilas dengan air bersih hingga kesat.

4. Merebus

Jika ingin lebih empuk dan wangi aromanya, rebus saja kolang-kaling dengan daun pandan dan daun jeruk purut. Selain empuk kolang-kaling juga beraroma wangi.

5. Menyimpan

Setelah direbus kolang-kaling bisa disimpan dalam lemari es. Taruh dalam wadah bertutup dalam keadaan dingin. Kolang-kaling bisa tahan disimpan beberapa hari.

SUMBER: food.detik.com