Pandawa FM, (Tanjungpinang)-- Indonesia di mata dunia, tidak hanya dikenal lewat Pulau Bali atau batik. Kopi juga punya andil besar mengabarkan negeri ini. Bahkan secara khusus, Oprah Winfrey dalam Oprah Winfrey Show pernah mengulas kenikmatan kopi asli Indonesia. Dikutip dari berbagai sumber, berikut lima jenis kopi lokal yang mampu menebar rasa hingga mancanegara. 

Kopi Luwak
Kopi yang sudah terfermentasi dalam lambung luwak ini, memiliki cita rasa unik. Lebih asam dibandingkan kopi lain, karena rasa pahitnya sudah menghilang saat fermentasi. Selain itu, kopi luwak juga punya aroma karamel dan kakao yang membuatnya jadi kopi dengan citarasa terkaya di dunia.
 
Alasan itulah yang membuat kopi luwak jadi kopi termahal di dunia. Setengah kilo biji kopi dijual hingga $600 atau sekitar Rp7 juta. Dan satu cangkirnya bisa dijual hingga $50 atau sekitar setengah juta rupiah.
 
Kopi Wamena
Kopi asal Papua ini memiliki tekstur lembut dengan sedikit kafein. Beberapa pecinta kopi menyamakan kopi ini dengan Jamaica Blue Mountain Coffee, yaitu kopi arabika yang ditanam di Blue Mountain. Tak heran jika kopi Wamena disukai di seluruh dunia. Kopi ini bahkan telah menjadi kontributor untuk kedai kopi nomor satu di Amerika. Kopi ini dipasok ke seluruh cabangnya yang tersebar di berbagai negara. 
 
Kopi Toraja 
Kopi Toraja dihasilkan dari daerah Kolosi di Tanah Toraja. Kopi ini memiliki kandungan asam rendah dan perpaduan rasa tanah. Kopi ini sempat terdaftar di urutan kedua kopi terbaik dunia. Para pecinta kopi di Jepang juga sangat mengistimewakan kopi ini.
 
Kopi Gayo
Kopi Gayo merupakan kopi arabika yang berasal dari Tanah Gayo, Aceh. Cita rasanya sudah diakui pakar uji cita rasa kopi dunia, Christopher Davidson. Dalam cupping score yang  dilakukan Speciality Coffee Association of America, Kopi Gayo memperoleh nilai tinggi, yaitu 85. Kopi ini juga sangat difavoritkan di Amerika Utara.
 
Kopi Kintamani
Kopi asal Bali ini merupakan kopi arabika yang lembut dan manis. Kopi ini diproduksi dalam sistem subak abian yang mendorong pengolahan kopi secara organik.
 

Kopi inipun sudah mendapatkan sertifikasi Indikasi Geografis dari CIRAD (Centre de Cooperation en Recherches Agronomiques pour le Development), Pusat Kerjasama dalam Penelitian Pertanian untuk Pembangunan Internasional, Perancis sebagai kopi unik Bali. Sebagian besar produksi Kopi Kintamani di ekspor ke Jepang.

sumber : viva.co.id