Pandawa FM ( Tanjungpinang) - Memiliki seorang bayi adalah kebahagiaan yang sempurna bagi seorang ibu. Apapun dilakukan demi menunjukkan kasih sayangnya kepada sang buah hati. Banyak calon orang tua yang bingung ketika mempersiapkan perlengkapan bayi. Sebenarnya untuk mempersiapkan perlengkapan bayi tidak harus membeli. Bagi calon ibu yang kreatif dan memiliki banyak waktu luang bisa saja membuat perlengkapan bayi sendiri. Misalnya membuat baju, topi, sarung tangan dan sepatu bayi.

Nah, kali ini tutorial cara membuat sepatu bayi dari bahan kain perca. Mengapa lagi-lagi kain perca yang digunakan ? Ya, namanya juga berkreasi dan memanfaatkan barang yang ada di sekitar kita. Tidak ada salahnya bukan ? Meskipun sebenarnya kita juga bisa membeli perlengkapan bayi yang lucu dan juga bagus di baby shop mulai dari yang murah sampai yang mahalpun ada ya kan. Tapi kalau bisa membuat sendiri pastinya ada kepuasan dan kebahagiaan tersendiri.

Oke, berikut ini adalah bahan dan cara membuat sepatu bayi dari kain perca. 

Tutorial dan cara mudah membuat sepatu bayi dari kain perca

Bahan Bahan Yang Di Perlukan yaitu Kain katun untuk upper dan lining, kalau bisa bahannya pilih yang katun jepang karena lebih lembut dan adem. Kain fleece untuk lapisan. Fungsi dari lapisan ini adalah sebagai pengganti busa, agar sepatu nyaman dipakai. Velcro dan kancing hias untuk pengait sepatu.

Cara membuat :

  1. Setelah bahan-bahan sudah dipersiapkan, langkah pertama yaitu menggunting kain katun seperti gambar untuk bagian upper (sepatu bagian atas), sol (sepatu bagian bawah) dan pengait.
  2. Kemudian gunting kain katun yang kedua untuk upper lining dan lining bagian sol sepatu.
  3. selanjutnya gunting lagi kain fleece seperti pada gambar. Kain fleece sangat lembut sehingga cocok untuk kulit bayi. Untuk ukuran sepatu bisa disesuaikan dengan ukuran kaki bayi dan untuk warna silahkan sesuaikan dengan selera anda.
  4. Langkah selanjutnya yaitu menggabungkan kain katun (upper) dengan pelapis (kain fleece) dengan cara ditumpuk, demikian juga pada bagian sol sepatu.
  5. Langkah berikutnya yaitu proses menjahit. Pertama-tama yaitu membuat pengait seperti pada gambar 2. Selanjutnya jahit velcro kanan dan kiri pada upper menindas pelapis kemudian jahit pengait di tepi lubang sepatu (yang berbentuk huruf U).
  6. kemudian sambung upper dan lining bagian belakang dengan cara menjahitnya seperti gambar 4. 

Tutorial 2 dan cara mudah membuat sepatu bayi dari kain perca 7. Setelah proses menyambung upper bagian belakang selesai langkah berikutnya adalah menjahit upper dan menggabungkannya dengan sol sepatu. Cara menjahitnya yaitu yang bagian pelapis (kain fleece) di luar. Untuk memudahkan sematkan jarum pentul agar tidak bergeser. Jahit upper mengikuti bentuk sol sepatu. Menjahitnya tanpa lining seperti gambar 6. 

Tutorial 3 dan cara mudah membuat sepatu bayi dari kain perca

8. Langkah terakhir adalah menjahit lining. Caranya masukkan lining dengan posisi sambungan belakang berada di luar.

9. Selanjutnya jahit lining mengikuti lubang sepatu. Setelah selesai dibalik maka hasilnya tampak seperti gambar 8. Untuk bagian lining bisa dirapikan dengan cara dijahit jelujur atau diberi bisban mengikuti sol sepatu yang sudah dijahit dengan uppernya. Untuk mempercantik sepatu beri kancing hias sehingga hasilnya tampak seperti gambar di atas.

Bagaimana nii ? mudah bukan cara membuat sepatu bayi nya? And now, I just wanna say "practice makes perfect". It's true.

Demikianlah Tutorial cara membuat sepatu bayi dari kain perca. Khusus untuk calon ibu yang mungkin membutuhkan tutorial ini untuk berkreasi atau mbak-mbak , adik-adik yang ingin berkarya. Semoga bermanfaat untuk Mitra Pandawa semua. Happy crafting and thank you  :)

------- Jumlah Pengunjung

10417356
Hari IniHari Ini184
KemarinKemarin419
Minggu IniMinggu Ini752
Bulan IniBulan Ini3427
SeluruhnyaSeluruhnya10417356
IP Anda : 54Dot234Dot228Dot78
US
UNITED STATES
US